Tips Foto Digital Agar Hasil Gambar Sempurna

- Monday, May 08, 2017
Tips Foto Digital - Entah menganggap diri Anda seorang fotografer amatir, atau hanya ingin membuat foto keluarga yang lebih baik, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan foto yang lebih baik. Berikut adalah beberapa tip mudah untuk digunakan saat berhadapan dengan kamera digita. Bahkan seorang pemula pun bisa mengambil foto berpenampilan profesional - cocok untuk dibingkai.

Foto Digital dan Belajar Fotografi Kamera HP

Tips Foto Digital Agar Hasil Gambar Sempurna
Belajar Fotografi Kamera HP
  • Persiapan Obyek
Jauhkan semua peralatan fotografi Anda siap untuk digunakan. Kumpulkan semua peralatan yang butuhkan menjadi satu tempat. Tas kamera sangat ideal, karena menyimpan semua barang bersama-sama dan membiarkan membawa semuanya bersamamu. Semuanya ada pada tempatnya. Tas kamera yang bagus akan membiarkan mengatur tripod miniatur, battereis ekstra, kartu memori, dll. Bahkan kantong plastik atau rumah tahan air untuk melindungi kamera dalam cuaca basah.
  • Pertahankan Posisi Kamera
Foto buram hampir selalu merupakan hasil pergerakan kamera. Hanya kegoyangan Anda sendiri, menyebabkan kamera cukup goyang untuk mengaburkan gambar.
  • Persiapkan Setelan Kamera dengan Benar
Tancapkan kakimu dengan kuat di tanah dan selipkan siku ke samping. Alih-alih menggunakan penampil LCD, mantap kameramu melawan dahi dan bingkai tembakan menggunakan jendela bidik kamera. Anda juga bisa menstabilkan tubuh bagian atas dengan bersandar pada dinding atau sebatang pohon.
Trik dan Tips Foto Digital Agar Hasil Gambar Sempurna
Atau benar-benar menghilangkan gerakan kamera dengan menggunakan tripod. Setelah siap, tekan perlahan pelepas rana dalam satu gerakan. Menekan pelepas rana terlalu keras bisa menyentakkan kamera ke bawah.
  • Lebih Dekat
Satu perbedaan dalam "snapshot" dan foto yang benar-benar hebat adalah komposisi tembakan. Kecuali memotret pemandangan luar ruangan, dapat memperbaiki sebagian besar foto hanya dengan semakin dekat dengan subjek. Bergantung pada situasinya, dapat secara fisik bergerak mendekati subjek, atau menggunakan fitur zoom pada kamera untuk efek yang sama. Cobalah untuk masuk ke dalam beberapa meter dari subjek sehingga menghilangkan sebagian besar latar belakang. Anda akan menyukai hasilnya.
  • Ambil Lebih Banyak Gambar
Bahkan profesional mengambil banyak tembakan dari subjek yang sama - untuk mendapatkan beberapa yang akan mereka gunakan. Dengan kamera digital, bisa menghapus gambar yang tidak disukai, dan hanya mencetak pemenang - jadi jangan ragu untuk mengambil beberapa gambar dari subjek yang sama. Ubah sudut tembakan. Dapatkan lebih dekat. Sesuaikan pencahayaannya.

Mengapa tidak mengisi seluruh kartu memori dengan gambar anak di kolam renang, atau anak perempuan di topi dan gaunnya? Semakin banyak gambar yang diambil, semakin baik kemungkinan akan mendapatkan beberapa gambar yang benar-benar akan membuat Anda terhibur.
  • Vary the Lighting
Menggunakan cahaya alami akan memberi warna kulit lebih baik saat memotret orang, jadi usahakan jangan menggunakan lampu kilat jika tidak perlu. Tembakan siang di luar ruangan mudah dilakukan, namun harus sedikit lebih kreatif saat melakukan pengambilan gambar di dalam ruangan. Coba gunakan lampu yang masuk dari jendela untuk nada yang lebih hangat daripada yang akan digunakan saat menggunakan lampu kilat.

Bereksperimenlah dengan pencahayaan alami. Anda bisa mendapatkan bayang-bayang yang lebih kuat dengan memindahkan subjek ke jendela, dan mengubah subjek bisa menciptakan bayangan yang lebih dramatis.
  • Hilangkan Red-Eye
Mata merah adalah hasil cahaya yang melewati mata subjek dan merenung kembali. Anda akan mendapatkannya lebih sering saat menggunakan lampu kilat, hanya karena cahaya dari lampu kilat tidak seperti yang diliputi cahaya alami. Jadi tip pertama untuk menghilangkan mata merah hanyalah untuk menghindari penggunaan flashdisk saat tidak benar-benar harus melakukannya.
Tips: 10 Tips Teknik Fotografi Dasar Kamera HP dan Digital
Cara lain untuk mengurangi red-eye adalah dengan melihat subjek di manapun tapi di kamera. Hal ini mengurangi red eye karena pantulan apapun tidak diarahkan kembali ke lensa kamera. Jika harus menggunakan lampu kilat, beberapa kamera digital memiliki fitur built-in untuk secara otomatis menghapus mata merah. Gunakan.
  • Candid
Alih-alih menyamarkan dua orang (atau lebih) yang melihat langsung kamera, dapatkan suntikan dari mereka berinteraksi satu sama lain. Bahkan dua orang yang bercakap-cakap lebih menarik daripada memilikinya berdiri berdekatan satu sama lain menghadap kamera.

Beberapa potret profesional terbaik membuat subjek tertangkap dalam pemikiran, dengan perhatian mereka terfokus ke dalam, bukan di lensa kamera. Itu membuat tembakan yang lebih menarik. Potret akan terlihat lebih alami - kurang berpose.
  • Membuat Heboh
Menempatkan subjek di tengah foto hanya membosankan. Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih menyenangkan jika menempatkan subjek di tengah saat membingkai tembakan.

Ini adalah teknik yang benar-benar profesional. Tempatkan subjek sehingga mereka menempati 1/3 sampai 1/2 Dari total komposisi, tapi TIDAK di bagian tengah frame yang tepat. Tangkap benda latar yang menarik di sisa bingkai.
Tips: Cara Mengatur Efek Fotografi Digital Hitam Putih
Siapa saja bisa mempraktikkan teknik ini. Mereka mudah dan Anda akan mendapatkan foto yang lebih baik dan lebih profesional.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search