7 Tips untuk Praktek Musik yang Efektif

Advertisement
Kualitas latihan Anda jauh lebih penting daripada kuantitas. Pepatah lama "latihan membuat sempurna" hanya berlaku jika latihan itu sendiri sempurna. Berikut adalah 7 tips untuk membantu membuat latihan Anda lebih efektif dan efisien.

7 Tips untuk Praktek Musik

7 Tips untuk Praktek Musik yang Efektif
  • Latihan Secara Perlahan
Ingatan otot tubuh kita memungkinkan kita untuk secara fisik melakukan pola gerak dengan sedikit atau tanpa keterlibatan sadar. Contoh memori berotot termasuk berjalan kaki, mengendarai sepeda, mengetik, dan tentu saja memainkan alat musik.

Untuk mengembangkan ingatan ini, otot membutuhkan latihan berupa pengarahan sadar berulang dari pikiran. Pertama pikiran harus mempelajari pola. Maka pikiran harus "mengajarkan" pola pada otot.

Pikiran awalnya harus mengendalikan semua gerakan otot. Gerakan yang lebih terkontrol dan tepat, semakin cepat otot akan mengembangkan memori otot.

Praktik yang lamban juga memungkinkan pikiran untuk mengajarkan "otot antagonis" untuk rileks. Otot antagonis adalah gerakan yang berlawanan arah. Dengan merilekskan otot antagonis Anda bisa mengurangi ketegangan dan memudahkan penampilan lebih cepat dan mudah dan menghindari cedera potensial.
  • Berlatihlah di Sel Kecil
Sebuah "sel latihan" hanyalah serangkaian gerakan terbatas. Sel musik bisa sesuai dengan apapun dari beberapa catatan ke keseluruhan karya. Saat berlatih, penting untuk berlatih sel kecil hanya beberapa catatan. Mempraktikkan sel-sel kecil membatasi jumlah informasi yang harus dipelajari otot pada satu waktu. Ini juga memfasilitasi fokus dan konsentrasi pikiran.
  • Hubungkan ujung satu sel ke awal berikutnya
Untuk membantu otot mengembangkan rasa kontinum sepanjang potongan musik, gerakan terakhir dalam sel harus menjadi gerakan pertama sel berikut.
  • Berlatihlah Secara Rutin
Begitu otot-otot telah mempelajari sebuah pola, mereka akan mampu mengeksekusinya tanpa kontrol sadar. Memulai pola melalui perintah sadar dan membiarkan otot-otot menjalankannya dalam keadaan meledak.
  • Jangan Praktekkan Kesalahan
Untuk setiap pengulangan yang dibutuhkan untuk mempelajari pola gerak, dibutuhkan 7 kali jumlah pengulangan untuk mengubah pola. Jika dalam praktiknya Anda membuat kesalahan, berhentilah. Tinjau kembali pola pikir Anda. Dan lebih jauh mengurangi kecepatan gerak Anda.
  • Jeda Antara Pengulangan
Saat berhadapan dengan aktivitas berulang, pikiran lebih mampu fokus saat pengulangan dipecah dengan jeda pendek. Setelah dua atau tiga kali pengulangan, jeda sekitar 30 detik untuk mendapatkan kembali fokus.
  • Sering-seringlah Banyak Berlatih.
B.F. Skinner dan ahli lainnya telah menemukan bahwa kemampuan berpikir untuk belajar turun secara signifikan setelah konsentrasi intens berkepanjangan. Penelitian menunjukkan bahwa belajar terlalu lama (yaitu lebih dari empat jam) dapat menghabiskan bahan kimia di otak yang diperlukan untuk belajar. Oleh karena itu, yang terbaik adalah sering beristirahat (istirahat 5 menit setiap 20-25 menit) dan berlatih tidak lebih dari 4 jam berturut-turut.

Dengan menerapkan teknik ini, Anda dapat secara dramatis meningkatkan kualitas latihan Anda. Anda akan bisa menggunakan waktu Anda lebih efisien dan meningkatkan keefektifan latihan Anda.